5 Resep Rumahan Ini Jadi Bisnis Miliaran Dolar - Bisnis Liputan6.com

Liputan6.com, Jakarta - Makanan manis atau pun minuman beralkohol, banyak produk kemasan saat ini awalnya berasal dari resep keluarga. Para koki rumahan tersebut berhasil mengubah resepnya menjadi bisnis miliaran dolar.

Seperti ditulis CNBC, Sabtu (24/9/2016) berikut lima produk kemasan yang berhasil meraih kesuksesan itu:

1. Tabasco

Pada pertengahan 1860-an, Edmund Mcllhenny, seorang pecinta makanan dan tukang kebun di Avery Islan, Louisiana, ingin menciptakan saus pedas untuk menambah rasa pada makanannya.

Ia menanam lada yang bijinya didapat dari Amerika Tengah. Ketika tanaman itu tumbuh, ia senang sekali karena rasa pedasnya sesuai dengan keinginannya.

Hingga akhirnya Mcllhenny membuat saus sambal dengan lada itu dan memasukkannya ke dalam botol. Lalu, ia menjualnya ke teman dan tetangga sekitar, hingga berhasil masuk ke supermarket.

Saat ini Tabasco telah berproduksi selama empat generasi Mcllhenny di 180 negara di seluruh dunia.

2. Nestle Toll House Chocolate Chip Cookies

Ruth Graves Wakefield dan suaminya, Ken, membuka tempat penginapan Toll House Inn pada 1930. Tempat ini sangat populer di Whitman, Massachusetts, karena banyak orang datang ingin mencicipi masakan Ruth, terutama hidangan penutupnya.

Pada 1936, Ruth memotong bar cokelat Nestle Semi-Sweet dan mencampurnya ke dalam adonan. Coklat tersebut meleleh dan menjadi kue yang lezat. Ruth membagikan resep tersebut ke sebuah koran lokal di Boston, sampai akhirnya penjualan Nestle Semi-Sweet Chocolate Bar meroket.

Ruth kemudian bernegosiasi dengan Nestle untuk memasukkan resep tersebut ke dalam kemasan dan menamakannya Toll House Cookie Recipe. Ia tidak mendapat banyak uang dari pembelian resep itu tapi meraih pasokan coklat Nestle tanpa batas.

1 dari 3 halaman




http://ift.tt/2cAYuSF

Subscribe to receive free email updates: