Resep Gado-gado Jamie Oliver yang Tuai Banyak Komentar - CNN Indonesia

Jakarta, CNN Indonesia -- Gado-gado buatan koki selebriti dunia Jamie Oliver yang diunggah beberapa waktu lalu menuai banyak komentar.

Banyak yang mengungkapkan bahwa yang dibuat Jamie Oliver adalah karedok bukan gado-gado. Hal ini disebabkan karena Oliver tak merebus sayuran yang dipakainya terlebih dulu.

"Ini adalah mega salad yang berakar dari masakan Sunda dan sekarang menjadi makanan kaki lima khas Jakarta di Indonesia," tulis Oliver dalam laman resmi Jamie Oliver (jamieoliver.com).


"Gado-gado berarti campuran yang mengacu pada semua sayuran musiman dan bahan baku yang dipakai, yang menyebabkan proses pembuatannya sedikit berbeda kapan pun dan ke mana pun Anda coba."

"Campur dengan saus kacang yang enak, dan sejujurnya ini adalah saus yang penting. Sajikan dengan sesuatu yang renyah di pinggirnya, seperti kerupuk udang. Ini adalah kombinasi juara."

Lalu bagaimana sebenarnya resep gado-gado yang dibuat oleh Oliver?


Bahan:
400 gram kentang
4 butir telur
400 gram tahu sutra padat
Minyak wijen
1/2 buah kubis china
2 buah tomat matang
1 genggam radish
1/2 buah mentimun
2 genggam penuh toge
1/2 genggam daun koriander
Kerupuk udang, optional.

Saus kacang:
1 siung bawang putih
50 gram gula palem
120 gram selai kacang crunchy
1-2 buah cabai merah
2 buah jeruk ambil airnya
2 sdt kecap ikan
1 sdm kecap asin
1 sdt pasta asam

Cara membuat:
1. Mulai dengan mempersiapkan bahan salad. Gosok dan bersihkan kentang, rebus dalam air garam sekitar 15 menit, atau sampai empuk. Kemudian potong dua atau iris (sesuai selera).

2. Rebus telur selama 6 menit (soft boil), atau lebih lama sesuai selera.

3. Potong tofu dengan ukuran 2,5 cm sekali gigit. Kemudian goreng dalam minyak wijen sekitar 15 menit atau sampai keemasan. Kemudian taburkan garam laut di atasnya.

4. Potong-potong kubis dengan tipis, jika ingin disantap mentah. Tapi jika ingin dimasak (cara tradisional), potong dengan ukuran 2cm. Letakkan kol dalam wadah dan tuangkan air panas ke atasnya perlahan-lahan.
Untuk saya, ini adalah jumlah sempurna untuk membuat kubis jadi empuk, tapi masih tetap punya nutrisi lezat di dalamnya. Anda bebas untuk menambahkan sayuran hijau yang bisa Anda temukan.

5. Potong tomat ukuran edges, potong radish dan juga mentimun. Bumbui semuanya dengan memberikan sedikit garam.

6. Kemudian, masukkan semua bahan saus ke dalam blender, kupas bawang putih dan tambahkan gula palem (jika dibutuhkan). Blender semua sampai lembut. Cicipi dan tambahkan bumbunya. Pastikan rasa asam dari jeruk masih terasa. Tambahkan lagi jika diperlukan.

7. (Jika) dibuat secara tradisional, Anda harus mengambil semua bahan sedikit-sedikit, masukkan ke dalam mangkuk dan aduk saus kacang. Ini adalah cara yang tepat untuk menyajikannya.
Tapi Oliver melakukan hal lainnya, karena saya merasa saat sausnya sudah dituang Anda tak bisa melihat semua hasil persiapan bahan-bahannya. Jadi, saya sendokkan saus ke dalam mangkuk, meletakkannya ke sisi piring kemudian membagikan sayurannya ke dalam mangkuk.

8. Ambil beberapa daun koriander, kemudian tambahkan kerupuk udang dan cabai merah iris. (chs)



http://ift.tt/2GuHw4w

Subscribe to receive free email updates: