NASTAR LUMER



Bismillahirrohmanirrohim

Assalamu'alaikum warahmatullahi wabarakatuh

Apa kabar semuanya? Masih lancar kan segala ibadah di Ramadhan ini? In shaa Allah semoga diberikan kemudahan ya. Gak kerasa ya hari ini sudah memasuki Ramadhan ke-20, ya Allah cepat banget. Sebentar lagi Lebaran deh, in shaa Allah. Naaah sapa hayo yang masih sibuk di depan oven menyiapkan kue-kue Lebaran? Alhamdulillah hari ini tuntas kerjaan saya baking kue-kue Lebaran. Udah tenang, ovennya istirahat dulu. Saya gak bikin banyak jenis kue, cuma 5 macam aja, itu juga bikinnya dikit-dikit kok. Cuma kastengel aja yang bikin banyak hehehe. Sebenarnya bukan buat Lebaran sih, lha piye udah langsung dimakan aja saat buka. Kebetulan saya sih gak pernah tuh kasih isolasi toples biar gak dimakan sebelum lebaran. Jadi bebaaas aja siapa yang mau makan, gak usah nunggu lebaran hihihi. Jadinya kue-kue itu, selalu jadi cemilan tiap habis tarawih, ntar Lebaran tinggal dikit heuheuehu. Gpp laaah saya happy-happy aja brarti banyak yang suka kan.

Nah kali ini saya posting nastar aja yaa. Sebenarnya udah banyak resep nastar di blog saya, monggo silahkan deh search aja pakai kata kunci nastar, pasti keluar nastar-nastar buatan saya jaman dulu hihihi. Sekarang saya posting nastar lagi karena memang resepnya beda dengan yang pernah saya posting. Resep ini milik salah satu idola baking saya, Tintin Rayner. Resep-resepnya trusted dan sudah teruji, jadi gak perlu khawatir akan resep abal-abal ya. Kalaupun kita nyobain resepnya dan hasilnya belum sesuai, yaaa jangan salahin resepnya yees. Bisa jadi kesalahan dari kita.

Nastar lumer ala Tintin Rayner ini sudah banyak banget yang nyobain. Selain ada di IG-nya, resep ini juga ada di buku "Simple Moist Cake" Tintin Rayner. Sangat-sangat dianjurkan untuk mencoba yaa, karena memang hasilnya enak. Nastarnya lumer lho. Bentuknya bisa disesuaikan dengan selera dan ketelatenan yang bikin hihihi. Kalau saya mah asli gak telaten bikin nastar dengan beragam bentuk yang cantik ituuh. Jadi cukup bulat-bulat aja atau seperti yang ini, kotak agak lonjong ya.




Asli saya gemes liat hasil nastarnya. Sukaaa banget dengan polesannya. Maklum saya mah amatir, jadi kalau bikin nastar masih suka "labil", kadang bagus kadang gak hahahah. Kalau hasilnya yang ini saya suka banget karena bisa kinclong dan banyak banget yang mulus. Ntar yaaa tips-nya saya tuliskan juga. Yuuuk dicatat dulu donk resep nastar lumer-nya. Jangan cuma dicatat atau di bookmark atau skrinshut yaa, hayuuk dipraktekkan juga. In shaa Allah puas deh dengan hasilnya.

NASTAR LUMER

Bahan :
250 gr butter / margarin (saya 175 gr butter, 75 gr margarin)
90 gr gula pasir halus
3 kuning telur
250 gr tepung terigu protein rendah
100 gr susu bubuk full cream
150 gr maizena

Isian : 
selai nanas

Olesan : 
3 kuning telur
1 sdm susu cair
1 sdt butter
---> campur dan aduk rata

Cara Membuat :

  1. Dalam wadah, kocok butter, margarin dan gula halus sebentar saja asal rata.
  2. Masukkan kuning telur satu persatu sambil dikocok asal rata. Matikan mixer
  3. Campur tepung terigu, maizena dan susu bubuk kemudian masukkan bertahap ke adonan sambil diaduk dengan sendok kayu hingga rata.
  4. Ambil adonan, pipihkan dan beri selai nanas yang sudah dibulatkan, bentuk sesuai selera, letakkan di loyang yang sudah dialas baking paper atau dioles margarin.
  5. Panggang dengan suhu 150'C (kalau oven saya 140'C) selama 15 menit. Keluarkan dari oven dan biarkan uap panasnya hilang.
  6. Oles dengan bahan olesan hingga rata dan panggang kembali hingga matang.
  7. Angkat, dinginkan di cooling rack baru disimpan di toples.
Notes :
Perbandingan butter dan margarin boleh disesuaikan ya. Resep asli menggunakan 150 gr butter, 100 gr margarin. Boleh juga kalau mau perbandingan 1:1. Sebenarnya saya suka yang full butter tapi teksturnya jadi rapuh. Jadi saya tetap pakai margarin, biar kokoh dan tetap enaak.

Saya sudah mencoba berbagai macam olesan nastar dan sekarang cocok dengan olesan yang ini ya, menggunakan 3 bahan yaitu kuning telur, susu cair dan butter. Dulu pernah nyoba kuning telur + susu cair, kuning telur + butter aja sampai akhirnya cocok dengan yang 3 bahan ini. Ada juga yang memakai 4 bahan, yaitu 3 bahan seperti yang saya tulis diatas lalu ditambahkan 10 gr adonan nastar. Nah yang ini saya belum nyoba karena suka lupa, semua adonan ya dibentuk nastar hehehe. Monggo kalau ada yang mau nyobain, katanya juga cakep lho hasilnya.

Agar nastarnya mulus, jangan langsung dioles ya, jadi dipanggang dulu sebentar, keluarkan dan biarkan uap panasnya hilang baru dioles. Memang sih kalau saya yang bikin gak semua bisa mulus luuuus, tapi yang ada retaknya gak banyak kok. Alhamdulillah. Kan bikin nastar udah ribet banget ya, jadi sayang banget kalau nastarnya gak mulus. Dan memang nastar yang cantik gini bikin happy kan yaaa hihihi. 





Tuuuh...difotoin yang retak-retak hihihi. Pasti masih ada yang kaya gini deh kalau saya yang bikin

Selamat mencoba yaaa..semoga bermanfaat ^^

Subscribe to receive free email updates: