Menu Piring Terbang


Menu piring terbang ini maksudnya bukan menu Ufo gitu ya teman-teman hihi. Tapi menu yang di sajikan di hajatan jaman dulu. Di yogya sampai aku remaja masih gitu, masih sering laden ( membantu di acara pernikahan, menyajikan makanan untuk tamu2, ya berupa makanan yang sudah di tata di piring gitu satuan dengan porsi secukupnya , bisa di katakan sedikit baik nasi atau lauknya hahah.

Yang paling umum sich di tempatku itu sambal goreng kreni, acar, telur pindang dan kerupuk udang. Itu udah termasuk menu mewah lho hihi. Sayang sekarang udah jarang tradisi seperti itu, biasa udah di ganti menu prasmanan semacam bakso, soto gitu dech yang prkatis.

Tapi kemaren waktu kondangan ke Klaten kok masih ketemu menu piring terbang gini. Menu pertama yang di sajikan itu snack, kemudian sup, lalu di akhiri dengan menu utama nasi, sambal goreng kreni dan pelengkap seperti di fotoku itu, sama dessert berupa es puter hihi. 

Ada juga versi Solo, biasanya menu utama itu Selat Solo atau Galantin hihi. Seru pokoknya semua orang kebagian menu dan prosi yang sama. mau di makan atau tidak, pokoknya semua di beri bagian per piring dan di sajikan bertahap.  Repotnya kalau tamunya banyak hahah. Kadang yang depan udah kebagian menu utama, yang belakang baru dapat sup. Tapi biasanya sudah di atur sedemikian rupa agar penyajian cepat dan lancar. Mau coba menu seperti ini teman-teman, ayuk kondangan ke Jawa..hihi. Atau mau masak sendiri di rumah, ini aku share ya resepnya, bisa untuk menu pengajian atau arisan di rumah juga lho teman-teman :

Sambal Goreng Kreni

250 gram daging cincang, tambahkan 1/4 sdk teh garam, dan setengah butir putih telur, bentuk bola kecil, rebus di air mendidih hingga terapung

Iris 8 bawang merah, 3 bawang putih, tumis, masukkan 200 gram cabai merah teropong, buang biji, iris halus. Tumis hingga cabai matang. Masukkan 2 cm lengkuas, dan 2 lembar daun salam.
Masukkan santan atau bisa air 350 ml, 2 sdk mkn fibercreme
Tambahkan garam secukupnya, 1/2 sdk teh kaldu sapi dan 1/2 sdk mkn gula merah, secukupnya.
Masukkan Kreni, masak api kecil hingga meresap . Tambahkan kapri jika suka. 

Sajikan dengan Acar, kerupuk udang, dan telur pindang.

Subscribe to receive free email updates: