CHUI KAO SO COOKIES



Bismillahirrohmanirrohim

Assalamualaikum warahmatullahi wabaraakatuh
Maa syaa Allah kangen banget nge-blog. Udah hampir setahun blog gak disentuh, super berdebu dan banyak rumput liar huhuhu. Banyak faktor sih kenapa kemarin-kemarin libur panjang ngeblog. Salah satunya dan yang utama karena saya sebel liat tampilan blog saya sendiri. Penuh iklan dan pusing liatnya. Banyak sekali saya menerima DM dan juga WA yang mengeluhkan hal ini. Ya Allah saya gak bisa benerin. Ini kemarin gara-gara ada teman yang ngutik-ngutik jadi kaya gitu. Padahal sejak awal niat ngeblog itu gak ada bermaksud untuk mengkomersilkan. Niat awal ya karena ingin mendokumentasikan resep aja dan juga sharing resep dengan teman-teman yang lain. Alhamdulillah kalau jadi banyak yang baca. Jujur juga berkat blog juga followers saya di IG bertambah karena sebelumnya mereka sudah mengikut blog saya ini. Maa syaa Allah

Bismillah...makanya sekarang setelah ada yang benerin, saya mulai niat untuk ngeblog lagi. Mungkin gak bisa seaktif dulu, tapi paling gak ada postingan yang nambah yaa. Memang lebih praktis di IG ya dan Alhamdulillah juga banyak dapat kerjaan melalui IG. Tapi lewat blog juga saya bisa nulis panjang kali lebar kan yaaa hihihi.

Naaah postingan pertama saya setelah vakum adalah tentang cookies yang sedang ngehits, yaitu chui kao so cookies. Apa itu chui kao so cookies. Ini adalah cookies yang berasal dari Cina. Konon cookies ini adalah kue tradisional Cina yang biasanya ada dalam prosesi lamaran suku Kong Hu atau suku asli Hongkong. Saya sendiri memang belum pernah merasakan cookies asli ini. Penasaran karena dikatakan cookies ini rasanya seperti ada kacang atau emping tapi gak ada kedua bahan tersebut di pembuatannya. Lho kok bisa yaaa

Bahan-bahannya sebenarnya juga cukup simpel dan kunci dari cookies ini adalah penggunaan minyak sayur sebagai bahan lemak-nya. Kalau yang versi asli, menggunakan minyak babi. Naah kalau kita membuat sendiri, tentu saja disesuaikan agar menjadi versi halal yaa. Faktor lain yang membuat renyah selain penggunaan minyak sayur atau minyak goreng adalah penggunaan baking powder. Ada beberapa versi resep yang saya baca, antara lain ada yang menggunakan terigu, ada pula yang menggunakan sagu. Ada yang memakai butter ada pula yang tidak. Yang saya coba kali ini adalah resep yang lagi happening milik mbak Riyas Irmadona atau Dona Delight. Resepnya menggunakan tepung terigu dan juga memakai butter. Cukup simpel dan mudah kok, rasanya juga enaaak banget. Harus banget nyobain resep ini. Video singkat pembuatan chui kao so ini sudah saya posting di IG yaaa....cuuuuss ke @bundnina_kitchen




CHUI KAO SO COOKIES
source : Riyas Irmadona

Bahan :
200 gr tepung terigu
75 gr gula pasir
100 ml minyak goreng
1 kuning telur
50 gr butter
1/4 sdt baking powder
sejumput garam
1/2 sdt soda kue
2 sdm air
wijen secukupnya untuk topping

Bahan Olesan :
1 kuning telur
1 sdm minyak goreng
----> aduk rata

Cara Membuat :
1. Campurkan soda kue dan air, aduk hingga rata. Sisihkan
2. Dalam bowl, masukkan terigu, gula, minyak goreng, butter, kuning telur, baking powder dan garam. Aduk rata memakai sendok kayu.
3. Masukkan 1 sdm air soda kue, aduk rata hingga adonan bisa dipulung.
4. Bulatkan adonan, susun di loyang yang sudah dioles margarin atau dialas baking paper.
5. Pipihkan adonan, bisa memakai dasar gelas atau cukup dengan tangan saja ya.
6. Olesi dengan bahan olesan dan tabur wijen.
7. Panggang dengan suhu 175'C hingga matang dan berwarna kecoklatan. Oven saya sekitar 20 menit, waktunya sesuaikan masing-masing oven yaa.
8. Angkat, dinginkan di cooling rack baru disimpan di toples

Notes :
1. Bisa memakai gula pasir yang dihaluskan dulu atau gula pasir biasa. Saya pakai gula pasir biasa, ada rasa krenyes-krenyes-nya. Enak deh
2. Bahan olesan di resep asli menggunakan kuning telur dan air biasa yang diaduk rata
3. Agar lebih cantik, topping bisa memakai campuran wijen hitam dan putih. Cakeep jadinya

Selamat mencoba yaaa. Harus banget dicoba karena enaaak.

Happy baking ^^

Subscribe to receive free email updates: