AYAM LODHO



Bismillahirrohmanirrohim

Assalamualaikum warahmatullahi wabarakaatuh

Masih ada di bulan Syawal, jadi perkenankan saya menghaturkan Mohon Maaf Lahir Batin yaa. Mohon dimaafkan segala salah dan khilaf saya. Mungkin banyak komen yang tidak sempat terbalas ya baik di blog ataupun IG.

Kali ini saya mau sharing tentang salah satu makanan tradisional favorit keluarga saya, yaitu Ayam Lodho. Duluuu udah pernah posting juga sih, tapi gak apa-apa yaa diposting lagi. Kebetulan baru 2 hari yang lalu saya masak ayam lodho. Resep ayam lodho ini saya recook dari buku kedua saya lho hihihii. Recook resep buku sendiri ceritanya.

Ayam Lodho adalah makanan tradisonal yang berasal dari Trenggalek Jawa Timur. Konon ayam lodho sudah ditetapkan sebagai warisan budaya tak benda oleh Kementrian Pendidikan dan Kebudayaan. Jadii ayam lodho memang sudah ditetapkan sebagai makanan khas Jawa Timur. Ayam lodho ini sepintas mirip dengan kare ayam atau opor ayam. Tetapi tentu saja cita rasanya berbeda dengan kare atau opor. Yang khas dari ayam lodho adalah ayamnya dibakar atau diasap terlebih dahulu sebelum dimasak. Ciri khas lainnya adalah ayam lodho ini rasanya pedas dan biasanya disajikan dengan urap sayur. Karena sudah pedas jadi tidak usah membuat sambal lagi. Untuk mendapatkan cita rasa ayam lodho yang enak, gunakan ayam kampung atau ayam pejantan ya. Mau lebih spesial? Tinggal masak nasi uduk, maa syaa Allah nikmat sekali 




Video singkat pembuatan ayam lodho ini sudah saya posting di IG yaa. Sebenarnya banyak juga yang menanyakan kenapa bunda gak bikin youtube channel sekalian karena video di IG kan terbatas waktunya. Pingin sih punya youtube chanel, tapi jujur saya belum ada waktu juga untuk ngurusinnya. Maklum semua dikerjakan sendiri kan. Urusan non domestik juga cukup menyita waktu heheheh. In shaa Allah soon yaa kalau sudah agak longgar.

Naah balik lagi yuuk ke ayam lodho. Berikut resepnya yaaa. Cobain deh dan buktikan kelezatan ayam lodho ini. Paling enak kalau dibuat super pedas, tapi saya bikinnya sedang aja karena anak-anak juga ikut makan. Kasian kalau terlalu heboh pedesnya, bisa-bisa kembung habis makan hihihi.

AYAM LODHO

Bahan :
1 ekor ayam kampung / pejantan, potong sesuai selera tau biarkan utuh
1 liter santan
5 lembar daun salam
3 lembar daun jeruk
1 batang serai, memarkan
1 sdm gula merah, sisir halus
7 cabai rawit utuh atau sesuai selera
Garam dan gula pasir secukupnya
1 sdt kaldu jamur (optional)
3 sdm minyak untuk menumis

Bumbu Halus :
9 butir bawang merah
5 siung bawang putih
3 butir kemiri sangrai
1 sdt ketumbar
1 cabai merah / keriting
3 cabai rawit atau sesuai selera
1/2 sdt merica butiran
1 cm jahe
2 cm kunyit
1 cm kencur

Cara Membuat :
1. Bakar ayam hingga kecoklatan di kedua sisinya. Angkat dan sisihkan
2. Panaskan minyak, tumis bumbu halus hingga harum dan matang kemudian masukkan daun salam, daun jeruk dan serai. Aduk hingga rata
3. Masukkan ayam, aduk rata
4. Tuang santan, masak hingga mendidih sambil sesekali diaduk. Bumbui dengan garam, gula pasir, gula merah dan kaldu jamur.
5. Masak hingga ayam empuk dan kuah menyusut.
6. Menjelang diangkat, masukkan cabai rawit. Masak lagi sebentar
7. Angkat dan siap dihidangkan.

Ayam lodho ini kalau sudah diinapkan semakin enaaak dan meresap tapi juga semakin pedas ya hihihi. Tambah sedap deh pokoknya.






Ini foto cover buku kedua saya yaa "Resep Favorit Keluarga ala Dapur Bunda Nina". Buku ini berisi 120 resep favorit keluarga saya. Kebanyakan adalah hasil recook saya dari menu yang pernah saya coba ketika wiskul bersama keluarga. Ceritanya bikin sendiri versi KW nya gitu hehehe. Jadi ada resep masakan seperti ayam lodho, nasi gandul, swedish meatball, fish & chips, sapi lada hitam, iga bakar, aneka mie bahkan nasi tumpang khas Kediri. Ada juga aneka jajanan seperti pisang plenet, bakso bakar, onion ring, martabak dan samosa. Menu minuman dan resep pelengkap juga ada lho. Daaan sebagai bonusnya ada cerita singkat dibalik foto-foto saya. Istilah kerennya sih behing the scene gitu atau studio odong-odong saya hahahah. Sssttt...padahal gak punya studio saya mah, motretnya di deket pintu dan jendela >_<

Selamat mencoba yaaa...semoga bermanfaat

Happy Cooking ^^

Subscribe to receive free email updates: