Resep Cara Membuat Donat Kentang

Resep Cara Membuat Donat Kentang

Donat kentang adalah salah satu varian donat yang sangat populer dikalangan masyarakat. Untuk itu jika kalian ingin membuatnya sendiri dirumah, maka kalian dapat menyimak penjelesan Resep Cara Membuat Donat Kentang dibawah ini.


Cara membuat donat kentang sendiri sebenarnya cukup sederhana. Selama kamu mengikuti resep dan proses dengan tepat, donat kentang akan empuk dan mengembang sempurna. Untuk membuat donat kentang tidak diperlukan oven, karena pakai teknik digoreng.


Gunakan Bahan Membuat Donat Yang Tepat 

Membuat donat kentang sebaiknya menggunakan bahan dan takaran yang tepat. Selain itu juga disarankan mengunakan mentega daripada margarin, agar donat bertekstur lembut. Berikut selengkapnya bahan dan cara membuat donat kentang: 


Bahan donat kentang: 

  • 210 gram terigu protein tinggi 
  • 60 gram tepung kentang atau kentang rebus 
  • 30 gram gula 
  • 15 gram susu bubuk 
  • 4 gram ragi 
  • 1 kuning telur 
  • 150 gram air dingin 
  • 30 gram mentega 
  • 4 gram garam 

Cara membuat donat kentang: 

1. Campur terigu, kentang, gula, dan susu bubuk. Kemudian tambahkan ragi, kuning telur, dan air dingin. Aduk adonan menggunakan mixer sampai kalis. 

2. Setelah adonan kalis, tambahkan mentega dan garam ke dalam adonan. Aduk kembali menggunakan mixer sampai adonan elastis. 

3. Lakukan proofing adonan donat selama lebih kurang 40 menit. Cetak atau bentuk adonan, lalu lakukan proofing lagi. 

4. Goreng donat dalam minyak panas sampai kedua sisi matang. Angkat dan tiriskan. Taburi donat dengan gula halus atau saus cokelat sesuai selera.


Perhatikan Proses Proofing Adonan 

Bahwa di dalam proses membuat donat ada teknik yang dinamakan proofing. Proofing adalah tahapan pengistirahatan adonan setelah proses fermentasi berlangsung. 


Dilakukan setelah adonan tercampur rata dan kalis, bertujuan agar adonan mengembang sempurna. Trik proofing untuk adonan donat, letakkan adonan yang sudah elastis ke dalam mangkuk, kemudian tutup menggunakan kain serbet atau plastic wrap. 


Diamkan selama sekitar 40 menit. Proofing pada pembuatan donat dilakukan sebanyak dua kali yaitu saat adonan sudah kalis dan saat adonan sudah dicetak/dibentuk.


Perhatikan Cara Menggoreng Donat 

Cara membuat donat kentang mengembang sempurna juga dipengaruhi oleh proses menggoreng. Gunakan jumlah minyak yang banyak dan api sedang cenderung kecil saat menggoreng donat supaya donat empuk.


Sumber Refrensi





Subscribe to receive free email updates: