Resep Makanan Khas Lampung, Kue Benjak Enjak, Ala Chef Yeni ... - Tabloidbintang.com

TABLOIDBINTANG.COM -

Belum dapat inspirasi resep untuk meracik camilan untuk suami dan anak-anak? Tenang, Chef Yeni Ismayani, pengasuh rubrik Sedap Bintang di Tabloid Bintang Indonesia punya satu resep kue tradisional untuk Anda.

Pekan lalu, Chef Yeni Ismayani kembali menjadi narasumber program “Jajanan Manis Bersama Gulaku” di Lampung. Dalam program yang bertujuan melestarikan pusaka kuliner Nusantara itu, chef Yeni Ismayani mendemonstrasikan beragam kue tradisional. Salah satunya, kue khas Lampung, Benjak Enjak.

Kue Benjak Enjak, biasanya disajikan untuk tamu dan bisa dinikmati saat kumpul keluarga. 

Chief Communication Officer Gulaku, Fiter Cahyono mengatakan, “Kue Benjak Enjak hanya satu dari sekian banyak kue tradisional dari Provinsi Lampung. Kue lain yang tak kalah lezat antara lain yakni kue engkak dan kue 8 jam. Makanan khas Lampung sendiri ada yang menyerupai makanan khas Sumatera Selatan karena faktor lokasi yang saling berdekatan.”

Yuk Bu, kita coba bikin kue Benjak Enjak. Chef Yeni membagikan resepnya untuk Anda. 

Bahan: 
250 gram Beras ketan
300 gram Pisang raja yang sudah tua
125 gram gula pasir
Daun pisang untuk membungkus

Cara Membuat: 
1. Cuci beras ketan hingga bersih, lalu rendam selama 30 menit.
2. Kukus ketan dalam dandang hingga ½ matang, lalu angkat dan sisihkan.
3. Campur ketan, pisang raja, dan gula pasir, remas-remas hingga gula pasir dan pisang hancur. Ambil selembar daun pisang, beri 2 sendok adonan ketan pisang, gulung lalu lipat kedua ujungnya.
4. Ambil 2 bungkus adonan, satukan dan ikat dengan tali pada ujung-ujungnya, lalu rebus dalam air mendidih hingga matang.
5. Setelah matang angkat dan sajikan (porsi untuk 15 bungkus).

(wyn/gur)



http://ift.tt/2e2zwsP

Subscribe to receive free email updates: