Buka Puasa, Yuk Cobain Resep Masakan Jadul Ini - MalangTODAY

Buka Puasa, Yuk Cobain Resep Masakan Jadul IniIlustrasi Ayam Panggang (Istimewa)

MALANGTODAY.NET – Buka puasa perdana, kira-kira mau masak hidangan apa nih? Nggak usah bingung, gimana kalau hari ini kita cobain masak olahan khas Indonesia yang sudah jadul banget.

Di berbagai surat kabar dan buku masakan tahun 1900 an, ada banyak resep yang bisa banget kita cobain loh guys. Mulai dari minuman segar yang cocok banget buat hilangin dahaga kita setelah seharian penuh puasa. Sampai makanan berat nan lezat yang resepnya turun temurun dari zaman dulu.

Salah satunya seperti resep yang ada di Majalah Doenia Istri yang terbit pada 15 Mei 1928 ini guys. Ada banyak banget resep yang rekomendasi banget buat mengisi buka puasa perdana kali ini.

Pertama ada Panggang Ajam Ketjap (Ayam Panggang Kecap). Untuk membuat hidangan lezat itu, bahan-bahan yang disiapkan diantaranya daging ayam, kecap, merica, gula pasir, cabai rawit, jeruk nipis, bawang putih, dan mentega.

Cara membuatnya, pertama potong terlebih dulu daging ayam. Langkah ke dua, tumbuk halus bumbu dari merica, gula, cabai rawit sesuai selera, enam siung bawang putih. Setelah bumbu tersebut halus, tambahkan kecap, air perasan jeruk nipis, serta mentega, dan campur jadi satu.

Langkah berikutnya, panggang ayam sampai setengah matang kemudian angkat dan memarkan agar daging ayam lebih empuk. Selanjutnya, balurkan bumbu yang sudah dihaluskan tersebut ke semua sisi daging ayam dan panggang kembali sampai matang. Hidangan ini sangat pas disajikan dengan nasi putih

Lanjut ke menu berikutnya, yang juga diterbitkan pada majalah Doenia Istri di hari yang sama, yaitu Ijs Poeter Koffie-Soesoe (Es Puter Kopi Susu). Menu yang satu ini pasti masih familiar banget dong ya sampai sekarang. Biasanya kita beli di abang-abang yang keliling di pinggir jalan. Nah, kita bisa banget tuh bikin sendiri.

Buat yang penasaran, bisa siapin beberapa bahan yang dibutuhkan, yaitu kopi, susu, garam, vanili, dan gula.

Cara bikinnya gampang banget, pertama campurkan kopi dan susu kemudian dicampur dengan air panas. Selanjutnya tambahkan gula sesuai selera. Setelah dingin, ditambahkan vanili. Langkah selanjutnya adalah meletakkan adonan pada mesin es puter yang sudah ada es dan juga garam. Putar terus adonan di dalam mesin sampai membeku, dan selanjutnya siap dihidangkan. Selamat mencoba. (pit/end)

Berikan tanggapan Anda

loading...



http://ift.tt/2rKG5v0

Subscribe to receive free email updates: